04 July 2008

Starbucks akan tutup 600 gerai

Rabu, 02/07/2008 15:31 WIB

Starbucks akan tutup 600 gerai

oleh : Taufik Wisastra

ATLANTA (Bloomberg): Starbucks Corp akan menutup 600 kedai kopi di AS dan mengurangi 12.000 karyawan, sementara CEO Howard Schultz mengurangi ekspansi.

Harga saham Starbucks naik 7,2% pada akhir perdagangan di Nasdaq setelah jaringan kedai kopi itu menyebutkan akan mengurangi sekitar 7% tenaga kerjanya di seluruh dunia. Pengurangan itu mencakup pekerja paruh waktu dan penuh dan akan rampung dalam sembulan bulan mendatang.

Sebanyak 70% dari kedai yang akan ditutup itu beroperasi kurang dari tiga tahun, menurut perusahaan tersebut. Schultz, 54, mantan CEO yang kembali menempati posisi itu pada Januari, menghadapi penurunan pendapatan, kata Matthew DiFrisco, analis pada Oppenheimer & Co di New York.

"Hal itu menunjukkan Schultz ingin mengambil langkah yang diperlukan," ujar James Walsh, analis pada Coldstream Capital Management Inc di Bellevue, Washington, dalam wawancara lewat telepon.

Chief Financial Officer (CFO) Starbucks Peter Bocian mengatakan penutupan gerai itu akan memukul pendapatan jangka panjang. (tw)