04 July 2008

Agis kaji akuisisi perusahaan ritel telekomunikasi

Agis kaji akuisisi perusahaan ritel telekomunikasi  
JAKARTA: PT Agis Tbk mengkaji akuisisi perusahaan ritel yang bergerak dalam peralatan telekomunikasi dan telepon genggam yang memiliki lebih dari 100 gerai di pasar tradisional atau domestik.

Rapat pemegang saham Agis pada 27 Juni mengangkat Samuel Lorenzo untuk menggantikan Jhonny Kesuma sebagai direktur utama Agis. Jhonny akan menduduki posisi selaku Presiden Komisaris di perseroan tersebut.

"Mengenai akuisisi, saya belum bisa berkomentar berapa nilainya dan dana akuisisi perusahaan lokal ini dari mana. Namun, kami akan menandatangani sale and purchase agreement pekan depan [pekan ini]," ujar Jhonny kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Selain akuisisi itu, dia juga mengisyaratkan ke depan akan menggandeng investor asing guna mendukung pengembangan perseroan.

Lorenzo menjelaskan perseroan akan memperbesar distribusi jajaran produk dan memperluas jaringan penjualan distribusi serta jaringan ritel.

Langkah itu seiring dengan pengembangan Agis sebagai perusahaan berlini bisnis produk teknologi informasi, peralatan telekomunikasi dan jasa pelayanan, peranti telepon seluler, dan jasa multimedia.

"Kami ingin menjadi pelaku utama di semua bidang elektronik a.l. untuk rumah tangga, perkantoran, telekomunikasi, dan multimedia," ujarnya.

Untuk mendukung langkah tersebut, belum lama ini Agis menandatangani conditional sale and purchase agreement untuk mengakuisisi Comstar Mobile Pte Ltd senilai Rp500 miliar.

Perusahaan juga akan mengembangkan merek telepon genggam yakni Kozi dan akan didistribusikan ke seluruh kawasan Asia Pasifik. "Melalui jaringan yang dimiliki oleh perusahaan yang akan diakuisisi, perseroan akan lebih mudah dalam memperluas jaringan distribusi house brand Kozi."

Terkait dengan perubahan jajaran manajemen perseroan, Jhonny menjelaskan hal itu merupakan langkah untuk menjadikan perusahaan kian profesional.

Oleh Sylviana Pravita R.K.N.
Bisnis Indonesia