10 July 2008

Penjualan Carrefour kuartal II turun

Kamis, 10/07/2008 13:16 WIB

Penjualan Carrefour kuartal II turun

oleh : Taufik Wisastra

PARIS (Bloomberg): Carrefour SA, peritel terbesar di Eropa, menyebutkan penjualan pada kuartal II menurun karena melemahnya belanja konsumen.

Pendapatan naik 6% menjadi 23,7 miliar euro (US$$37,3 miliar) pada periode tiga bulan yang berakhir 30 Juni, ungkap perusahaan yang berbasis di Paris itu. Angka itu lebih kecil dibandingkan 10% pada kuartal I.

Pendapatan itu juga meleset dari 24,2 miliar euro seperti yang diestimasi oleh rata-rata enam analis dalam survei Bloomberg. Penjualan tidak termasuk akuisisi dan toko baru meningkat 2,2%.

Indeks kepercayaan konsumen di Prancis turun mencapai rekor pada Juni yang memicu Carrefour mengurangi target laba dan pertumbuhan penjualan untuk setahun penuh.

Chief Executive Officer (CEO) Jose Luis Duran menyalahkan kegiatan promosi yang tidak cukup atas penurunan pendapatan 2,3% di gerai negara itu. "Kami ingin merebut kembali pangsa pasar namun sulit. Kami ingin mendorong promosi pada semester II dan merebut kembali pangsa pasar 0,3% yang hilang pada semester I," ujar Duran. (tw)

bisnis.com