JAKARTA - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mencatat pertumbuhan penjualan perusahaannya naik 21,5 persen menjadi Rp2,5 triliun pada kuartal I-2008, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Sementara EBITDA menunjukkan pertumbuhan yang signifikan sebanyak 94 persen dari tahun lalu dalam periode yang sama yaitu dari Rp41,4 miliar menjadi Rp80,3 miliar.
Adapun pertumbuhan tersebut dikarenakan adanya pertumbuhan yang tercatat secara bertahap dari dua bisnis utama MPPA, yaitu Department Store Group yang tumbuh 10,8 persen dengan penjualan senilai Rp1,1 triliun.
"Hal ini merupakan kinerja yang sangat signifikan dengan adanya pertumbuhan hingga 18,3 persen bila dibandingkan dengan dengan pertumbuhan penjualan untuk toko sejenis," ujar President Director & CEO of Matahari Benjamin Mailool, dalam keterangan tertulis kepada okezone, di Jakarta, Sabtu (3/5/2008).
Di sisi lain, divisi Food Group membukukan pertumbuhan penjualan naik 32,2 persen atau mencapai Rp1,3 triliun yang juga didukung oleh pertumbuhan keseluruhan yang mencapai 14,8 persen bila dibandingkan dengan retail sejenis.
Sedangkan untuk untuk pertumbuhan laba gross naik 23,3 persen dari tahun lalu pada periode yang sama, dari Rp533,1 miliar menjadi Rp657,3 miliar.
Kontribusi terbesar datang dari supermarket Hypermart, maka dari itu perusahaan berencana untuk mempertahankan gross margin dari 26,4 persen menjadi 26,8 persen pada kuartal I-2008 ini.
Seperti diketahui, MPPA tahun ini sudah membuka dua toko baru Hypermart, dan berekspansi pada 2008 secara bertahap untuk membuka tujuh department stores, 10-12 hypermarkets dan beberapa bisnis pendukung lainnya seperti Timezone.
Hingga kuartal I-2088, MPPA sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet pharmacy, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia. (rhs)
Sementara EBITDA menunjukkan pertumbuhan yang signifikan sebanyak 94 persen dari tahun lalu dalam periode yang sama yaitu dari Rp41,4 miliar menjadi Rp80,3 miliar.
Adapun pertumbuhan tersebut dikarenakan adanya pertumbuhan yang tercatat secara bertahap dari dua bisnis utama MPPA, yaitu Department Store Group yang tumbuh 10,8 persen dengan penjualan senilai Rp1,1 triliun.
"Hal ini merupakan kinerja yang sangat signifikan dengan adanya pertumbuhan hingga 18,3 persen bila dibandingkan dengan dengan pertumbuhan penjualan untuk toko sejenis," ujar President Director & CEO of Matahari Benjamin Mailool, dalam keterangan tertulis kepada okezone, di Jakarta, Sabtu (3/5/2008).
Di sisi lain, divisi Food Group membukukan pertumbuhan penjualan naik 32,2 persen atau mencapai Rp1,3 triliun yang juga didukung oleh pertumbuhan keseluruhan yang mencapai 14,8 persen bila dibandingkan dengan retail sejenis.
Sedangkan untuk untuk pertumbuhan laba gross naik 23,3 persen dari tahun lalu pada periode yang sama, dari Rp533,1 miliar menjadi Rp657,3 miliar.
Kontribusi terbesar datang dari supermarket Hypermart, maka dari itu perusahaan berencana untuk mempertahankan gross margin dari 26,4 persen menjadi 26,8 persen pada kuartal I-2008 ini.
Seperti diketahui, MPPA tahun ini sudah membuka dua toko baru Hypermart, dan berekspansi pada 2008 secara bertahap untuk membuka tujuh department stores, 10-12 hypermarkets dan beberapa bisnis pendukung lainnya seperti Timezone.
Hingga kuartal I-2088, MPPA sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet pharmacy, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia. (rhs)